Negosiasi Hak Siar Liga Spanyol untuk Asia Ditunda

Javier Tebas

jadwalbolaku.com –

Ketidakjelasan kondisi politik di Katalunya membuat presiden LaLiga, Javier Tebas menghentikan upaya negosiasi kontrak hak siar baru sebab menunggu kejelasan status Barcelona, Espanyol dan klub-klub daerah tersebut.

Seperti diberitakan oleh AS, ketidakjelasan masa depan salah satu provinsi di Spanyol itu muncul setelah adanya referendum pada 1 Oktober silam.

Banyak pihak di Katalunya menolak referendum tersebut namun banyak pula yang mendukung merdeka dari Spanyol.

Demonstrasi dan aksi kekerasan muncul sehingga Barcelona melangsungkan pertandingan versus Las Palmas tanpa dihadiri penonton.

Berbeda dengan Espanyol, sudah menjadi rahasia umum jika Blaugrana mendukung upaya lepas dari Negeri Matador tersebut walau mereka dihadapkan pilihan yang sulit perihal kejelasan liga yang diikuti di masa depan.

Malahan di laga versus Las Palmas yang berkesudahan dengan kemenangan tiga gol tanpa balas, papan skor bukan hanya memperlihatkan jumlah gol namun juga gambar kotak suara dengan kata ‘democracia’.

Kini Javier Tebas mengaku telah menunda dua pekan proses negosiasi hak siar yang baru, namun akan segera melanjutkan andai situasi politik sudah redam.

“Kami telah menunda proses tender yang biasa kami lakukan untuk menunggu dan melihat apa yang terjadi (di Katalunya),” ujar Tebas.

“Ini sebuah masalah dan bisa memberikan dampak besar dalam nilai kompetisi kami. Proses ini menyangkut hak siar Liga Spanyol di Eropa dan Asia seperti di India dan Singapura.”

Jika seandainya Katalunya merdeka, dikabarkan Barcelona dan klub-klub provinsi tersebut akan dicoret keikutsertaannya di Liga Spanyol.

Bagi Javier Tebas, mencoret Blaugrana, Espanyol dan lainnya bukan perkata sulit sebab tidak berpengaruh banyak.

“Anda mungkin berpikir (nilai) Barca sekitar 50 persen dari total nilai kompetisi, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Saya memperkirakan sekitar 20 hingga 25 persen saja.”

Sumber berita: Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *